Kamis, 29 Juli 2010

OCR(Opical Character Recognize)/Image Scanner

1. Pada posisi scanner sudah menyala, jika scanner sudah di konekkan dengan komputer maka komputer mendeteksi ada device baru yang belum di kenal dengan di tandianya munculnya gambar yang bertuliskan wellcome to the found new hardware wizard. Disana akan terdapat pilihan, anda pilih yes, this time only kemudian next.

2. Pilih install the Software automatically (Remmendedd).

3. Sebelum klik next masukkan terlebih dahulu CD drivernya. Setelah memasukkan CDnya dan klik next maka akan muncul sebuah gambar yang bertuliskan Pleace Select The Best Match For Yuor Hardware From The List Below.

4. Proses install akan berjalan secara otomatis, namun dalam tahapan tertentu kita diminta untuk mengisi nama user dan organisasi. Dan pada Lecencing Agreement pastikan kita menjawab dengan I Agree atau I Accept, yang artinya kita setuju untuk menginstal scanner tersebut.

5. Setelah itu akan muncul gambar dengan tulisan Completing The Found New Hardware Wizard.

6. Klik Finish. Kemudian instalasi diproses dan setelah selesai akan muncul gambar Congratulasion! Yang menandakan kalau proses Instalasinya sudah berhasil.

Cara Kerja Scanner

Ketika kamu menekan tombol mouse untuk scanning yang terjadi adalah

1. Penekanan tombol mouse dari computer menggerakkan pengendali kecepatan pada mesin scanner. Mesin yang terletak dalam scanner tersebut mengendalikan proses pengiriman ke unit scanning.

2. Kemudian unit scanning menempatkan proses pengiriman ke tempat atau jalur yang sesuai untuk langsung memulai scanning.

3. Nyala lampu yang terlihat pada scanner menandakan bahwa kegiatan scanning sudah mulai dilakukan.

4. Setelah nyala lampu sudah tidak ada, berarti proses scan sudah selesai dan hasilnya dapat dilihat pada layar monitor.

5. Apabila hsil atau tampilan teks/gambar ingin dirubah, kita dapat menggunakan software-software atau aplikasi yang ada. Misalnya dengan Photoshop, Adobe dan lain-lain.

Ada dua macam perbedaan scanner dalam memeriksa gambar yang berwarna yaitu:

1. Scanner yang hanya bisa satu kali mengscan warna dan menyimpan semua warna pada saat itu saja.

2. Scanner yang langsung bisa tiga kali digunakan untuk menyimpan beberapa warna. Warna-warna tersebut merah, hijau, dan biru.

Scanner yang disebut pertama lebih cepat dibandingkan dengan yang kedua, tetapi menjadi kurang bagus jika digunakan untuk reproduksi warna. Kebanyakan scanner digunakan pada 1 bit, 8 bit (256 warna), dan 24 bit (lebih dari 16 juta warna). Bila ingin hasil yang sangat baik maka gunakanlah scanner dengan bit yang besar agar resolusi warna lebih banyak dan bagus.

Editing Scaner
1. Masuk ke menu START - All Programs - Accessories - Scanner and Camera Wizard.
2. Maka akan tampil layar seperti berikut. (Saya tidak pakai driver untuk scan bawaan printer, tapi pakai menu Scanner and Camera Wizard).

3. Setelah mengklik tombol Next, maka akan tampil layar berikut.

4. Pada layar Choose Scanning Preferences, di Picture Type, untuk pilihan teks semua. Maka pilih Black and white picture or text dan pada Custom Settings tentukan di 300 dpi (pilihan normal/ tidak terlalu bagus/ tidak berat). Jika sudah, lalu tekan tombol Next.

5. Pada layar diatas, yang terpenting adalah menentukan file format, untuk hal ini pilih TIF (Tagged Image File Format [*.tif; *.tiff]). Setelah semua sudah siap, tekanlah tombol Next untuk menjadikan tulisan dalam buku yang Anda scan terpindai dan tersimpan dalam komputer (dalam format *.tif).

6. Pada tahap ini, Anda masuk ke menu START - All Programs - Microsoft Office - Microsoft Office Tools - Microsoft Office Document Imaging. Maka akan tampil layar seperti berikut.

7. Di layar ini (Microsoft Office Document Imaging), masuk ke menu File dan pilih menu Open... atau tekan Ctrl+O untuk mencari file tadi *.tif (hasil scan).

8. Pada layar Open seperti gambar diatas, di bagian bawah (Files of type) pilih Tagged Image File Format. Lalu tekan tombol Open untuk membukanya.

9. Cuplikan dari isi Majalah Angkasa edisi Jip Perang diatas, adalah contoh yang saya ajukan berikut gambarnya.

10. Setelah gambar tersebut terbaca oleh aplikasi Microsoft Office Document Imaging. Anda bisa lihat di atas (posisi dibawah baris File dan kawan-kawan). Terdapat menu Send Text To Word seperti yang saya lingkari pada gambar diatas. Pilih, Klik dan ikuti langkah selanjutnya...

11. Jika sudah siap dimana menyimpannya, lanjutkan dengan menekan tombol OK.

12. Langsung saja tekan tombol OK.

13. Proses perubahan nya... (Loading/ Confert). Dan berikut ini adalah hasilnya (saya sajikan dalam 3 gambar).

14. Yang harus diingat, hasil tampilan tulisan diatas (hasil tadi) berupa web.

15. Untuk itu, tampilannya di rubah ke Print Layout View. Agar terlihat normal (Default).

16. Setelah itu, Masuk ke Menu File - Save As.

17. Di tahap terakhir ini (pada layar Save As), dibagian bawah terdapat pilihan Save as type yang diarahkan ke tipe Word Document. Lalu tekan tombol Save.

Attention: (untuk Perhatian)

Hasil yang didapat tidak murni menjadikan tulisan dalam buku yang dipindai menjadi sesuai dengan yang kita inginkan. Masih banyak tulisan hasil tadi harus di susun dan ubah seperti yang Anda inginkan.

"Tidak ada yang instan (langsung jadi) di dunia ini. Membuat mie instan saja butuh waktu"

Mohon maaf jika ada kesalahan dan Mudah-mudahan bahasan diatas dapat menjadi manfaat bagi saya dan semua pembaca. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar